TIM TAHU GURIH

Bahan :
– 1buah tahu putih (bukan tofu), cuci bersih, haluskan
– 2sdm wortel parut
– 2sdm daging sapi cincang
– 1batang daun bawang, cincang halus
– 1buah tomat merah, kupas, buang biji, potong kecil²
– 1butir kuning telur, kocok lepas
– keju parut secukupnya u/ taburan

Bahan yg dihaluskan :
– 2siung bawang merah
– 1siung bawang putih
– kemiri

Cara :
– campur jadi satu semua bahan kecuali keju parut
– tata dipinggan tahan panas/wadah alufoil
– taburi keju parut
– kukus ±25menit/sampai matang
– sajikan hangat

Kumpulan Resep Puding

puding kacang hijau saus keju (12M+)
Bahan:
100gr kacang hijau
500ml UHT plain
100gr gula pasir
1bkgs agar2 plain

Bahan saos:
500ml UHT plain
2sdm maizena,di larutkan dgn sedikit air
50gr keju parut (saya pake prochiz)

Cara pembuatan:
kacang hijau,rendam 4jam,rebus sampe empuk,dinginkan lalu blender smp halus. Boleh di tambah air,ukur sampe 500ml. Sisihkan
UHT plain+ gula pasir&agar2 plain di rebus sampe mulai mendidih,tambahkan blenderan kacang hijau.
Aduk rata,tuang dlm cetakan puding. Dinginkan.

Rebus uht sampe mulai mendidih,masukan larutan maizena&keju parut. Aduk rata.
Puding siap dihidangkan dgn saos keju.

kumpulan resep camilan 8+

BANANA HUNKWE 9+
Bahan:
1 sdm tepung hunkue
250 air matang
1 buah pisang ambon (pisang apa aja boleh seh)
Keju parut

Cara bikin:
*Larutkan tepung hunkue dengan 2 sdm air matang
*masak sisa air sampe mendidih, masukkan hunkue, aduk2 hingga matang dan licin. Angkat.
*potong pisang kotak kecil, kasi parutan keju, aduk
*Siapkan mangkok tahan panas, masukkan sedikit adonan hunkwe kasi adonan pisang lapisi lagi adonan hunkwe, berulang sampai adonan habis.
*kukus kurleb 20 menit
*angkat, potong sesuai selera. Klo mau masukkin kulkas juga bisa.

Biskuit bayam + wortel
150g tepung terigu protein rendah
50g tepung maizena
25g oat quick cooking,blender hingga halus
50g bayam
50g wortel
2sdm minyak goreng
100ml air
Cara membuat :
-panaskan oven hingga suhu 175 derajat C.siapkan loyong kue kering yang telah d’olesi tipis minyak.
-proses bayam,wortel,dan air dalam blennder.dalam mangkok sedang,campur tepung terigU,maizena,oat bubuk tuang campuran air + sayuran dan minnyak lalu aduk hingga halus,ambil ½ sdm adonan bentuk sesuai ke’inginan lalu taruh dlm loyang, lakukan hingga adonan habis,panggang biskuit selama 30 menit atau hingga matang..

COOKIES SEHAT
Resep :
250 gr tepung beras merah ,
10 sdm canola oil,
250 ml air es,
kelapa sangrai
100gr wortel parut
1 biji sedang,
wijen putih sangrai 3sdm.

Cara :
campur semua bahan kering,
setelah tercampur rata tambah air es sedikit sedikit sampai bisa terbentuk / dicetak.
Cetak sesuai keinginan, panggang di oven dg api sedang (aku pake oven biasa dan kompor gas) selama 1 jam.
Penampilan
ok, rasa kayak kue sagon tapi tidak manis.

Purple Cheese Frosting
Ubi ungu+unsalted butter+cheese spread/cream cheese+UHT plain+gula halus
HOW TO :
Kukus ubi ungu, mashed
Blender bareng unsalted butter, cheese spread hingga halus
Tambahkan UHT secukupnya hingga tekstur yg diinginkan
Note :
– kl buat 8-12bln uht bisa ganti air putih/santan/susu almond/susu kedelai pokoke yg aman aj buat si 8m+ biar dpt tekstur yg diinginkan ;)
– buat 8-12bln yg emang blm ngicip keju, coba deh bikin ubi ungu+unslated butter aj, kayaknya bisa jadi frosting jg, asal lembut dan bisa di spuit ;)
– utk 1th+ kl mau lbh manis bisa tambah gula halus (ini seh kemarin ak bikin pake gula halus jg)
– untuk dpt warna lain coba eksplor aj pake bahan alami berwarna lainnya ;)

Tim Roti Apple+Keju
Bahan :
• 3lembar roti gandum, buang pinggirnya, potong kotak kecil²
• 120ml susu UHT/sufor/air
• 1/2buah apple fuji100, parut kasar
• 2sdm keju parut
• 1butir kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat :
• Tata potongan roti gandum diatas pinggan tahan panas/wadah alufoil, siram dgn susu cair, diamkan sebentar agar susu meresap
• Aduk² hingga susu & roti gandum tercampur rata, tambahkan kuning telur yg sudah dikocok, aduk rata
• Campurkan apple parut, aduk rata
• Ratakan permukaan adonan, taburi dgn keju parut, kukus ±45menit atau hingga matang.
• Sajikan hangat

Note : hasil akhirnya lembuuut tapi gak benyek mom :) setelah dingin bisa disimpan dikulkas u/ cemilan

BEEF / CHICKEN / LIVER IN GRAVY 8m

Bahan:
1 sdt minyak zaitun extra light
1 siung bawang putih, cincang
250 gr daging ayam kampung/ daging sapi giling/ hati ayam kampung
250 ml air matang
1 btg daun bawang, iris halus
1 btg seledri
50 gr wortel, iris halus
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun hingga harum.
2. Masukkan daging ayam/ sapi/ hati ayam dan air kaldu, masak hingga daging berubah warna.
3. Masukkan bahan-bahan lain kecuali maizena, masak selama 15 menit dengan api kecil hingga matang.
4. Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan.
5. Haluskan dengan blender atau food processor.
6. Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan.

Kumpulan Resep Sup

Sup Ayam Sosis (untuk >1y)
Porsi: 2x makan
Bahan:
– 1 potong ayam, cincang, tulangnya jangan dibuang.
– 1 bh ceker ayam
– 1 buah sosis
– 1 genggam kacang polong
– 2 ruas jari wortel, parut
– 1 siung bawang putih
– Garam secukupnya
– Kaldu ayam bubuk secukupnya (optional, aku pakenya merk Al-Sultan)
– Sejumput rosemary (optional)

Cara Membuat:
– Rebus ceker ayam bersama tulang ayam untuk mengeluarkan kaldunya.
– Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam yang sudah dicincang.
– Setelah air mendidih & kaldunya sudah keluar, masukkan sosis.
– Masukkan tumisan daging ayam ke air rebusan, diikuti dengan wortel & kacang polong.
– Masukkan garam, kalau masih kurang gurih tambahkan kaldu bubuk.
– Masukkan rosemary leaves.
– Buang ceker + tulang ayam. Makanan siap dihidangkan. Gurih banget Mom rasanyaaa!! Aku sampe bikin lagi buat ayah + kakek-neneknya Nino hihihi.

Note:
1. Sayuran bisa diganti-ganti, tergantung stok yang ada di kulkas, Ma.
2. Rosemary yang aku pake yang udah dikeringkan. Biasanya dijual di SPM2. Kalau nggak ada, nggak usah pake juga gpp. Ini cuma menambah wangi aroma aja kok (aku nggak tau juga gantinya pake apa hehe).
3. Kalau mau bikin untuk anak yang <1y, bahan-bahannya disesuaikan aja dengan anaknya ya Ma.

SUP ASPARAGUS KEPITING
Bahan :
-ayam kampung, fillet dadanya. tulangnya sisihkan.
-jagung manis, pipil pake tangan (caranya biar gampang : patahkan jagung menjadi 2 bagian, lepasi biji jagung dr bagian bekas patahan, jd biji jagung utuh2 nih..)
-crab meat fresh
-telur ayam kampung 2 butir, kocok di mangkuk
-asparagus segar, potong2
-pala
-garam
-merica
-air secukupnya
-tepung kanji 1 sdm campur dg 20ml air matang

Cara:
-ambil panci, panaskan air secukupnya. masukkan fillet ayam, blansir.
-buang air blansiran, isi panci dg air baru secukupnya.
-masukkan ayam dan tulang, rebus hingga mendapat kaldu, kurang lebih 30 menit.
-matikan api, angkat ayam, potong ayam kotak2. masukkan kembali ke kaldu.
-didihkan air kaldu+ayam, masukkan asparagus, masak hingga lunak. masukkan crab meat dan jagung manis, aduk2.
-tambahkan bumbu garam, merica, pala.
-aduk2 sampai rata. kalau semua bahan sudah matang, masukkan kocokan telur ke dalam sup, aduk cepat.
-terakhir, masukkan tepung kanji yg sdh dicairkan ke dalam adonan sup. aduk cepat, mendidih,matikan api. siap dihidangkan.. :)

Nasi Pink

Bahan:
Nasi secukupnya yg dimasak di rice cooker
1 Buah bit potong kecil2
1 telor kampung
Unsalted butter/mentega secukupnya
Bwg merah secukupnya

Cara buat:
Tumis bwg merah+mentega, masukan bit, ongseng. Masukan telor. Ongseng lg. Masukan nasi aduk rata. Taaadaaa jadi deh. Gampil banget dah…

Tips :
Supaya bitnya lembek n gampang dikunyah, diteken sm sendok sblm disuapin.

Kumpulan Resep Puding Mpasi 8+

Resep Puding Labu Kuning
Bahan:
½ bungkus agar-agar bubuk warna putih.
70 gram maizena, cairkan dengan sedikit air.
70 gram labu kuning, rebus dan haluskan.
250 cc air.
½ sendok teh gula pasir.
3 sendok makan susu bubuk.

Cara membuatnya:
Rebus agar-agar dengan 250 cc air sambil diaduk.
Tambahkan maizena cair labu halus dan gula. Aduk terus hingga mendidih di atas api sedang, lalu angkat. Tambahkan susu bubuk dan aduk rata.
Tuang ke dalam cetakan kecil. Biarkan hingga mendingin, baru sajikan.

PUDING SPOCKI
20120924-120204.jpg
Bahan:
Ubi madu kuning 2 lonjong (pilih yg manis,kukus empuk)
Santan segar, peras airnya 300 ml (bisa diskip, sesuai umur)
Air 200ml dan 100 ml
Agar2 Swallow Original ½ bungkus

Cara Membuat :
1. Potong ubi kukus, masukkan ke dlm blender, tambahkan 100ml air, blender sampai halus.
2. Ambil panci kecil,masukkan 200ml air dan bubuk agar2 Swallow Original ½ bungkus. Aduk pelan2, api kecil aja..setelah panas,masukkan ubi blender,aduk2 sampai rata,halus gak ada gumpalan,mendidih.. Matikan api,masukkan santan, aduk cepat sampai rata..
3. Siapkan cubes, masukkan adonan puding ke dlm cubes. Dinginkan pd suhu ruang, masukkan kulkas bawah,tunggu hingga dingin.
4. Penyajiannya bs ditambahkan potongan kiwi.

Noted :
#ubi madu diicipi culu yah mom.. Puding kalo uda dingin kan jd berkurang manisnya, jd dr awal kudu yg manis..
#hasil pudingnya terasa gurih dan lembut,gak terlalu terasa manisnya ubi,makanya cocok dipadu buah yg seger2 spt kiwi..

Puree Ayam dengan Ubi dan Apel

BAHAN :
– 1sdt ELOO
– Bawang bombay secukupnya, parut atau cacah kasar
– Ayam cincang/giling 2sdm
– 1 ubi jepang ukuran kecil (seukuran kentang sedang) potong dadu
– 200ml kaldu ayam
– 1/4 apel fuji potong dadu

CARA MEMBUAT :
– Panaskan ELOO, masukkan bawang bombay dan tumis sampai harum
– Masukkan ayam cincang, tumis sampai berubah warna
– Masukkan ubi jepang, apel dan kaldu, masak sampai matang (kira-kira 15menit)
– Angkat, hidangkan hangat

Macaroni schootle ayam+wortel

Bahan:

macaroni elbows
Daging ayam cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
1 sdm tepung terigu
susu cair (UHT)
1 butir telur, kocok lepas
keju, diparut
butter secukupnya bwat numis
keju parut untuk taburan
Wortel parut

Cara Mbuat:

1. Rebus makaroni dalam air mendidih sampai lunak. Habis itu tiriskan.
2. Panasin butter dalam wajan, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai layu, masukan tepung terigu aduk rata.
3. Masukin susu aduk supaya terigu tidak menggumpal.
4. Masukin makaroni, ayam,wortel dan keju parut, aduk sampai rata.
6. Masukin telur kocok, aduk lagi hingga rata. Kalu dah rata, tuang adonan makaroni ke dalam loyang yang sudah diolesi butter Kemudian taburi atasnya dengan keju parut dan wortel parut
7. Panggang dalam oven suhu 190 derajat celcius selama 30 menit atau sampai matang
8. Kalau dah mateng, keluarin dari oven trus biarkan macaroni di suatu tempat dalam suhu ruangan biar panasnya mereda. Kemudian sajikan..

Cocok untuk 1thn keatas.. Yg blom 1thn jg bisa kan no salt no msg no sugar :)

Resep Tim Havermouth 8+

TIM HAVERMOUTH DAGING GILING WORTEL
Bahan :
15gr havermouth
250ml kaldu
25gr daging giling ayam/sapi
25gr tempe, iris kecil
25gr wortel parut
30gr tomat, iris kecil
1sdt minyak zaitun
5gr keju parut

Cara membuat :
1.Rebus kaldu bersama havermout, daging giling ayam/sapi dan tempe, masak sambil aduk-aduk sampai kental
2.Masukkan wortel dan tomat, aduk. Masukkan minyak dan keju parut, aduk rata. Setelah matang, angkat, dinginkan.
3.Blender sampai halus/disaring

TIM HAVERMOUTH BAYAM
Bahan :
20gr havermouth
150ml susu sapi
25gr hati sapi/daging/ayam potong kecil
25gr bayam potong kecil
30gr tomat potong kecil 1sdt minyak zaitun
5gr keju parut

Cara membuat :
1.Rebus hati sapi/daging/ayam dengan susu sampai matang, masukkan havermouth, aduk sampai kental
2.Masukkan bayam dan tomat, masak sebentar, beri minyak dan keju, aduk rata, angkat

TIM HAVERMOUTH ISI AYAM
Bahan :
25gr havermouth
250ml air
25gr daging ayam giling
50gr tahu, potong kecil
25gr tomat, potong kecil
25gr daun bayam iris kasar
Sedikit garam (optional),
boleh skip 1sdt margarin/butter

Cara membuat:
1.Rebus havermouth bersama dengan air, daging ayam giling, dan tahu sampai terus diaduk hingga menjadi bubur
2.Masukkan tomat dan daun bayam, masak hingga sayuran matang
3.Masukkan garam(optional) dan butter/margarin, aduk rata, angkat

TIM HAVERMOUTH ISI KEJU
Bahan:
25gr havermouth
250ml susu
25gr daun kangkung iris kasar
25gr tomat iris halus
1 kuning telur
10gr keju parut

Cara membuat:
1.Rebus havermouth dan susu sambil terus aduk sampai jadi bubur
2.Masukkan kangkung dan tomat, masak sampai sayuran matang.
3.Masukkan kuning telur dan keju, masak sebentar sambil diaduk rata, angkat

TIM HAVERMOUTH DAGING KACANG HIJAU
Bahan :
25gr havermouth
250ml kaldu/air
25gr daging giling
10gr kacang hijau, rebus hingga lunak dan kental
25gr wortel, parut halus
25gr tomat,iris halus
Sedikit garam(optional)
1sdm santan kental (optional)

Cara membuat:
1.Rebus kaldu bersama havermouth dan daging giling sampai kental
2.Masukkan kacang hijau, wortel dan tomat, masak terus sambil diaduk hingga matang
3.Beri garam dan santan, angkat.